• May 13, 2022

“Oerip Indonesia” Produk Fashion Karya Anak Milenial Ngawi yang Tembus Pasar Eropa

Brand fashion asal Jawa Timur yang didirikan oleh kaum milenial asal Ngawi, “Oerip Indonesia” telah sukses merambah pasar Amerika dan Eropa, kini telah hadir berbagai cabang di negara-negara.

Oerip Indonesia dibuat oleh seorang milenial Ngawi bernama Dian Errakumalasari. Oerip Indonesia telah dibangun sejak tahun 2008. Pada tahun 2015, karya sastra Oerip Indonesia mulai dikenal dunia internasional.

Pemilik Oerip Indonesia Dian Errakumalasari pernah mengatakan bahwa karyanya berawal dari hobi fotografi dan jalan-jalan keliling Indonesia. Yang kemudian bertugas untuk memperkenalkan kekayaan nusantara melalui fashion wastra.

Dian mengatakan, ada tiga hal yang membuat Wastra wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia dan layak menjadikan Wastra sebagai barang istimewa.

Pertama, motif banyak berbicara tentang kain lokal yang dikenakan. Setiap daerah nusantara memiliki cerita tersendiri di setiap helai kain wastranya,” ujarnya.

Pewarnaan cetakan kedua. Indonesia merupakan negara seribu pulau, sehingga kaya akan warna alam. Faktor geografis mempengaruhi warna alami kain.

Misalnya, warna biru di Kalimantan memiliki arti yang berbeda dengan warna biru di Sulawesi dan tentunya itu tidak ada di negara lain.

Ketiga, proses pembuatan. Menenun membutuhkan kesabaran dan ketelitian tambahan. Kebanyakan penenun menganyam kisah hidup mereka sendiri. Mereka menenun sambil berdoa, sehingga setiap helai kain tenun yang mereka buat ada tulisan doa di atasnya.

Kami sudah memiliki kantor di Rotterdam, Belanda, Florida, AS dan yang terbaru di Inggris. Kami telah diundang di lebih dari 30 negara untuk mempresentasikan kain Wastra buatan para penenun, yang dibuat menjadi pakaian oleh Oerip Indonesia,” ujarnya kepada Diana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.