• May 20, 2022

Sebab Tenaga Kesehatan Perlu Menggunakan Pakaian Medis saat Bertugas

Tenaga kesehatan perlu memakai pakaian medis atau seragam khusus saat bertugas. Untuk dokter misalkan, perlu pakaian yang nyaman sebagai lapisan pertama sebelum mengenakan jas dokter.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Hansens Yansah mengatakan, bercermin dari lamanya durasi bekerja para tenaga kesehatan di awal pandemi Covid-19, mereka membutuhkan kenyamanan yang sejatinya merupakan kebutuhan dasar dan sering dinomorduakan atau terlupakan. Hans dan rekannya, Jessica Halim menginisiasi The SCRB Project yang merupakan sebuah start-up scrubs brand.

“Kami mengutamakan kenyamanan tenaga kesehatan dalam bekerja agar mereka dapat memberikan pelayanan terbaik demi kesehatan dan ekselamatan pasien,” kata Hans dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 Mei 2022. Berikut alasan tenaga kesehatan perlu mengenakan busana khusus saat bertugas:

Lebih higenis dan steril

Pakaian medis sebaiknya digunakan hanya di lokasi kerja untuk menghindari kontaminasi dari rumah dan selama perjalanan ke pasien di rumah sakit. Pakaian ini juga demi mencegah kontaminasi infeksi dari rumah sakit ke rumah saat tenaga kesehatan selesai bekerja. Pakaian medis dicuci setiap hari sehingga lebih higenis dibandingkan penggunaan jas putih atau jas laboratorium yang biasanya hanya dicuci beberapa hari sekali. Dengan begitu, tenaga kesehatan dan pasien dapat terlindungi dari risiko infeksi.

Tampil profesional dan sebagai identitas diri

Mamakai pakaian medis sebagai seragam dengan warna atasan dan bawahan yang sama membuat para tenaga kesehatan terlihat professional dan lebih mudah dikenali. Beberapa rumah sakit juga menerapkan penggunaan scrubs berbeda warna antar-departemen sebagai identitas diri.

Kenyamanan

Potongan busana serta pilihan bahan yang lentur dan menyerap keringat akan membuat tenaga kesehatan nyaman saat mengenakannya, memudahkan pergerakan, dan fungsional. Seragam ini juga cocok untuk berbagai bentuk tubuh dan memungkinkan modifikasi di beberapa bagian sesuai kebutuhan pengguna.

Hemat waktu

Tenaga kesehatan yang wajib mengenakan seragam medis saat bekerja ternyata lebih hemat waktu. Mereka tak perlu menghabiskan waktu untuk memilih busana kerja. Langsung mengenakan seragam kemudian bertugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *